Maktabah Syamilah (Perpustakaan Digital)


Maktabah Syamilah atau Maktabah Shamela adalah program (software) komputer yang memuat ribuan kitab-kitab induk berbahasa Arab dalam berbagai cabang disiplin ilmu agama.
Bidang ilmu dan jumlah kitab dalam software ini memuat macam-macam kitab dalam berbagai bidang diantaranya :

1. Di bidang tafsir (52 kitab) meliputi Tafsir Thabari, Ibnu Katsir, Al-Baghawi, Al-Alusi, Al-Bahr, Fathul Qadir, Ad-Durrul Mantsur, Jalalain, Al-Khazin, Az-Zamakhsyari, Ibnu Abdis Salam, Sayyid Thanthawi, Adh-Dhilal, Al-Qusyairi, dll.

2. Dalam bidang ‘Ulumul Qur'an (43 kitab), meliputi I'rabul Qur'an, Asbabu Nuzulil Qur'an, Al-Itqan, Misykatul Anwar, Fadlailul Qur'an, Majazul Qur'an, Lubabun Nuzul, At-Tibyan, Asbabun Nuzul, Ahkamul Qur'an lisy Sayfi'iy, Ahkamul Qur'an li Ibni Arabiy, dll.

3. Dalam bidang Fiqih, kitab di lingkungan 4 madzhab diletakkan terpisah. Untuk Madzhab Imam Syafi'y (19 kitab) yang tersedia adalah Al-Umm, I'anatuh Thalibin, Fathul Wahhab, Fathul Mu'in, Asnal Mathalib, Al-Majmu', Raudlatuth Thalibin, Hasyiah Qalyubi wa Umairah, Mughnil Muhtaj, Nihayatul Muhtaj, Hasyiah Bujairimi alal Khatib, Hasyiah Bujairimi alal Minhaj, dll.

4. Dalam madzhab Imam Maliki (14 kitab), yaitu Asy-Syarhul Kabir, Bidayatul Mujtahid, Mukhtashar Khalil, At-Taju wal Iklil, Mawahibul Jalil, Hasyiyah Ad-Dasuqi alasy Syarhil Kabir, dll. Dalam Madzhab Imam Hanafi terdapat 17 kitab, dan Madzhab Imam Maliki terdapat 14 kitab.

5. Dalam bidang Tasawuf/ Akhlak terdapat Ihya ‘Ulumiddin, Riyadlush Shalihin, Al-Kabair, Al-Futuhatul Makiyyah, Qutul Qulub, Al-Risalatul Qusyairiyyah, Al-Adzkar, dll.

6. Klasifikasi umum memuat kitab Tafsirul Ahlam, Ta'tirul Anam fi Tafsiril Ahlam, Mausu'ah Tafsiril Ahlam, Mafahimul Islamiyyah, Al-Jam'iyyatul Khairiyyah li Tahfidhil Qur'anil Karim, Jam'ul Qur'anil Karim fi 'Ahdi Khulafair Rasyidin, dll.

7. Ushul Fiqh, Mushtalah Hadits, dan berbagai bidang lainnya hingga 29 kelompok dengan total 1.800 kitab.

Semua kitab tersebut di atas sudah lengkap dimuat dalam software ini, oleh karena itu hard disk yang dibutuhkan minimal 4 Giga Byte.
Perpustakaan gratis “Maktabah Syamilah” ini bisa didownload (atau up-date kitab-kitab tambahan) langsung di situs resminya di :
http://www.shamela.ws atau
http://www.almeshkat.com/ atau
http://www.islamway.com/ atau klik di sini ............ (banyak alternatif)

Ini untuk versi yang 2.06 dengan 1.800 kitab lebih. Kapasitasnya 789 MB sekitar satu keping VCD lebih sedikit, file ini dalam format zip dan setelah di-extract akan menjadi 3,2 GB dan memerlukan ruang hard disk kosong minimal 4 GB.
Tujuan dari perpustakaan lengkap ini bukan hanya mengumpulkan kitab-kitab gratis dari situs-situs internet dalam sebuah perpustakaan digital, namun yang lebih penting adalah dimungkinkannya pengaturan dan penambahan agar menjadi perpustakaan pribadi bagi para penuntut ilmu.
Untuk menambah koleksi kitab/ buku bisa didownload dari berbagai situs misalnya :

http://www.almeshkat.com/books/
http://www.saaid.net/book/indek.php
http://www.islamway.com/
http://www.ahlalhdeeth.com/

Konfigurasi minimal

1. Komputer Pentium III
2. Memory 128
3. CD-ROM/ DVD-ROM
4. Hard disk kosong minimal 4 GB untuk versi sederhana (1.000 buku) dan 16 GB untuk versi 10.000 buku
5. Windows 98 Arabic, Windows ME Arabic, Windows XP, Vista atau Windows 7 (dengan penambahan setting Arabic Language)

Petunjuk Instalasi

UNTUK WINDOWS XP
1. Buka Start – Setting – Control Panel
2. Pilih Regional and Language Options
3. Pilih opsi Languages
4. Pada pilihan supplemental Languages support pilih Select Install files for complex script and right-to-left languages (including Thai ) klik Apply
5. Bila computer meminta cd windows xp, masukkan cd windows xp, tunggu sampai selesai
6. Pilih Advanced pilih Languages for non-unicode programs, pada pilihan select languages pilih Arabic (Saudi Arabia) klik OK, bila ada pertanyaan lagi, klik OK
7. Restart windows. Dibawah desktop terlihat pilihan AR ( untuk pilihan huruf Arab ) dan EN ( untuk pilihan huruf English / Latin )

UNTUK WINDOWS VISTA atau 7
1. Buka Start – Control Panel
2. Pilih Clock, Language and Region
3. Pilih Regional and Language Options
4. Pada pilihan Keyboards and Languages klik change keyboards
5. Kemudian disitu ada 3 pilihan (di bar atas, pilih General ) Kemudian pilih add, kemudian pilih Arabic ( Saudi Arabia) kemudian pilih Arabic (102) klik OK
6. Kemudian pada jendela yang sama pilih Language Bar klik pada pilihan Show the language bar as transparent when inactive dan bawahnya juga aktifkan
7. Kembali ke jendela no. 4 di situ ada pilihan Administrative
8. Kemudian di jendela administrative ada opsi Language for non-unicode programs
9. Pilih change system locale, kemudian pilih Arabic (saudi arabia) klik OK
10. Kemudian komputer meminta restart, setelah restart komputer siap digunakan untuk instalasi al maktabah al syamilah

Untuk membantu agar lebih mudah menjalankan aplikasi ini disediakan tutorial atau panduan Maktabah Syamilah (formaf PDF) bisa diklik di sini, atau di sini. Selamat belajar...

Demikian mudah-mudahan bermanfaat. Amiin.
Subhaanaka Allaahumma wabihamdika asyhadu an-laa ilaaha illaa Anta, astaghfiruka waatuubu ilaika.

2 Response to "Maktabah Syamilah (Perpustakaan Digital)"

  1. Sangat bermanfaat Sekali.tapi maaf ya kemarin sy mencoba instal di windows 7 sy kok gk bisa di baca kenapa ya?padahal udah di pasang banyak font arab di dlmnya? Mohon penjelasannya?Syukron.

    Coba ikuti langkah2 setting bahasa pada petunjuk instalasi untuk windows7 sekali lagi. Jika sdh berhasil, lihat pada language bar (di bawah) akan ada tambahan AR, kemudian rubah check list dari IN atau US menjadi AR. Baru install Maktabah Syamilah. Mudah2an Allah memberikan Anda kemudahan dan berhasil.

Posting Komentar

Powered by Blogger