Fitnah Dajjal



Ciri-ciri fisik dan sifat Dajjal
Diantara tanda-tanda kiamat besar adalah keluarnya Dajjal. Siapakah Dajjal itu? Dajjal adalah laki-laki keturunan Adam. Ia seorang berkulit merah, bertubuh pendek, berambut keriting, dahinya lebar, pundaknya bidang, matanya yang sebelah kanan buta, tidak menonjol keluar dan juga tidak tenggelam seperti buah anggur yang masak. Pada mata sebelah kirinya terdapat daging yang tumbuh lebih tebal dari sudutnya, diantaranya kedua matanya terdapat tulisan huruf ka-fa-ra secara terpisah yang dapat dibaca oleh setiap mu’min baik yang buta huruf maupun yang pandai menulis, ia mandul dan tidak punya anak.

Waktu dan tempat munculnya Dajjal
Dajjal akan keluar dari arah timur ( Khurasan ) dari kampung Yahudiah Asbahan (sekarang berada di perbatasan Iran dan Rusia). Kemudian ia mengembara ke seluruh negeri, tidak ada negeri yang selamat dari genggaman fitnahnya kecuali Mekkah dan Madinah, karena keduanya selalu dijaga oleh para Malaikat, ia keluar setelah kaum muslimin berhasil menaklukkan Konstantinopel.(lihat Fathul Baari 13 : 91 )

Tanda-tanda kemunculan Dajjal
Dalam hadits yang diriwayatkan dari Tamim ad-Daari disimpulkan bahwa diantara tanda-tanda kemunculan Dajjal adalah pohon-pohon kurma di desa Nakhl Baisan (Palestina) tidak bisa berbuah lagi, keringnya air danau Thabariah di Palestina dan keringnya mata air Zughar (Syiria) yang biasa mengairi perkebunan sekitarnya. ( HR Muslim 18 : 83).

Dimanakah Dajjal saat ini
Pendapat yang shahih bahwa Dajjal sudah diciptakan, saat ini ia berada di sebuah pulau terpencil dan sedang menunggu ketentuan Allah untuk dapat keluar. Hal itu sebagaimana hadits Tamim Ad-Daari yang pernah berjumpa dengan Dajjal di sebuah pulau terpencil saat perahu yang ia naiki bersama teman-temanya karam di laut. Tamim bertemu dengan Dajjal dan Al-Jasasah, sedang Dajjal saat itu kedua tanggannya terbelenggu ke kuduknya, antara kedua lutut dan mata kakinya diikat dengan rantai besi ( HR Muslim 18 : 78-83)

Keadaan dunia sebelum keluarnya Dajjal
Rasulullah SAW bersabda : “ Sesungguhnya sebelum keluarnya Dajjal adalah tempo waktu 3 tahun yang sangat sulit, dimana pada waktu itu manusia akan ditimpa oleh kelaparan yang sangat. Allah memerintahkan kepada langit pada tahun pertama untuk menahan 1/3 dari hujannya dan kepada bumi untuk menahan 1/3 dari tanamannya. Kemudian Allah memerintahkan langit pada tahun kedua agar menahan 2/3 dari hujannya dan bumi untuk menahan 2/3 dari tanamannya. Kemudian pada tahun ke 3 darinya Allah memerintahkan kepada langit untuk menahan semua air hujan, lalu ia tidak meneteskan setitik air pun dan memerintahkan bumi agar menahan seluruh tanamannya, setelah itu tidak tumbuh satu tanaman hijau pun dan semua binatang berkuku akan mati kecuali yang dikehendaki Allah SWT. Lalu dengan apa manusia hidup pada saat itu ? Beliau SAW menjawab : “ Tahlil, takbir dan tahmid adalah sama bagi mereka dengan makanan. (HR. Ibnu Majah, shahih. Lihat Ash-Shahihain No. 2457).

Lamanya Dajjal menetap di bumi
Dajjal akan tinggal di bumi selama 40 hari. Satu hari pertama bagai 1 tahun, satu hari kedua bagai 1 bulan, satu hari ke 3 bagai satu pekan. Hari-hari berikutnya sebagaimana hari biasa. Dalam keadaan seperti ini setiap muslim tetap melaksanakan shalat sebagaimana hitungan satu tahun, satu bulan, dan satu pekan. ( HR Muslim ).

Fitnah Dajjal
Dajjal akan datang dengan membawa fitnah yang sangat dahsyat, sehingga banyak manusia yang akan tertipu oleh fitnahnya. Diantara fitnah Dajjal adalah :
1. Dajjal datang dengan membawa surga dan neraka, siapa yang masuk ke surga Dajjal sesungguhnya itu adalah neraka Allah, dan siapa yang bersabar dengan neraka Dajjal, ia akan masuk sorga yang hakiki.
2. Dajjal mampu menghidupkan orang yang telah mati sehingga banyak manusia menyangka bahwa ialah Tuhan yang sesungguhnya.
3. Penduduk negeri yang disinggahi Dajjal lalu mengingkarinya, sawah ladangnya akan hancur, hewan ternaknya akan mati kelaparan, dan negerinya menjadi gersang. Sedang yang beriman pada Dajjal akan memperoleh berbagai kesenangan hidup, makanan yang melimpah, tanaman yang subur, binatang yang memiliki banyak susu.
4. Diantara fitnahnya adalah ia akan memaksa seorang manusia, lalu membunuh dan memotongnya dengan gergaji hingga tubuhnya terbelah menjadi dua, lalu ia hidupkan kembali orang tersebut dan memaksanya agar beriman kepadanya.

Para pengikut dan pendukung Dajjal
Pendukung utama Dajjal adalah 70.000 Yahudi Asbahan yang berpakaian tanpa jahitan, juga diikuti suatu kaum bermuka gelap seperti tembaga. Orang luar Arab juga banyak yang mendukung Dajjal, juga orang Turki dan manusia dari berbagai negara yang kebanyakan dari orang Arab dusun dan kaum wanita.

Terbunuhnya Dajjal di tangan Isa Al-Masih as
Pada hari terakhir dari pengembaraannya di bumi, sampailah Dajjal di Palestina, lalu bertemu dengan pasukan Al-Mahdi yang baru kembali dari penaklukkan Konstantinopel. Saat itu Al-Mahdi telah bersama Nabi Isa as. Ketika Dajjal melihat Nabi Isa as, tubuhnya meleleh seperti melelehnya garam dalam air, lalu Nabi Isa as mengejar sampai pada sebuah tempat bernama lodd, di situlah Nabi Isa as menikam Dajjal dengan tombaknya. Kemudian tombak yang berlumuran darah itu ditunjukkan kepada kaum muslimin. 70.000 kaum Yahudi pengikut Dajjal akan dibunuh semua hingga mereka bersembunyi di pohon dan batu-batu, namun benda itu dapat berbicara dan memberi tahu keberadaan orang Yahudi yang bersembunyi di baliknya, kecuali pohon Ghorqod. ( Alfitan wal- Malahim 1:128-129).

Cara berlindung dari fitnah Dajjal
Rasulullah SAW telah mengajarkan kepada setiap mu’min cara berlindung dari fitnah Dajjal diantaranya adalah :
1. Membaca 10 ayat pertama dan terakhir surat Al-Kahfi
2. Membaca do’a perlindungan dari fitnah Dajjal, khususnya pada saat sujud terakhir sebelum tasyahud
3. Memantapkan iman dengan mempelajari hakikat dan fitnah Dajjal sehingga saat kemunculan ia akan mengetahui kebohongannya
4. Menetap di kota Mekkah atau Madinah
5. Berlari dan bersembunyi jika mengetahui bahwa Dajjal mendatanginya meskipun ia seorang yang kuat imannya, karena fitnah Dajjal sangat dahsyat.

Demikian mudah-mudahan bermanfaat. Amiin.
Subhaanaka Allaahumma wabihamdika asyhadu an-laa ilaaha illaa Anta, astaghfiruka waatuubu ilaika.

0 Response to "Fitnah Dajjal"

Posting Komentar

Powered by Blogger