Membentengi diri dari Setan

Berikut beberapa cara yang sesuai dengan Syariat Islam, untuk membentengi rumah dan penghuninya dari gangguan setan, semoga Allah menjaga kita dari kejahatan dan tipu dayanya.

1. Berdoa ketika hendak masuk rumah dan makan
Diriwayatkan dari sahabat Jabir ra, ia mendengar Nabi SAW bersabda : “Apabila seseorang hendak memasuki rumah, kemudian ia berdo’a ketika masuk rumah dan berdo’a ketika makan, maka setan mengatakan : ‘tidak ada tempat menginap dan makan malam untuk kalian’. Sebaliknya apabila ia memasuki rumah tanpa do’a, maka setan mengatakan : ‘Ada tempat menginap bagi kalian’, begitu pula apabila ia tidak berdo’a ketika makan malam, maka setan mengatakan : ‘Tersedia tempat menginap dan ada jatah makan malam untuk kalian.” (HR. Muslim)

2. Berdoa ketika masuk kamar kecil (toilet)
Sahabat Anas bin Malik berkata : dahulu Nabi SAW ketika hendak masuk kamar kecil (toilet) membaca do’a yang artinya : “Semoga Allah melindungiku dari setan laki-laki dan setan perempuan.“ (Muttafaqun Alaih).

3. Membersihkan rumah dari anjing dan gambar
Diriwayatkan dari sahabat Abu Tholhah, bahwa Rasulullah SAW bersabda : “Malaikat tidak akan masuk rumah yang ada anjing dan gambarnya.” (Muttafaqun Alaih)
Juga sebagaimana sabdanya : “Para malaikat tidak akan masuk rumah yang ada gambarnya.” (HR. Muslim).
Nabi SAW juga bersabda : “Anjing hitam adalah setan” (HR. Muslim).
Akan tetapi ada keringanan untuk anjing pemburu dan anjing penjaga, sebagaimana sabda Rasulullah SAW : “Barangsiapa memelihara anjing -kecuali anjing pemburu dan anjing penjaga- maka pahalanya akan berkurang dua qiroth setiap harinya.” (Muttafaqun Alaih).

4. Membersihkan rumah dari salib
Siti Aisyah mengatakan : “Nabi SAW tidak pernah membiarkan ada salib di dalam rumahnya, kecuali beliau merusaknya.” (HR. Bukhori).

5. Membersihkan rumah dari lonceng
Lonceng di sini mencakup bell yang berbau musik, ataupun bell yang suaranya mirip lonceng gereja, karena Rasulullah SAW bersabda : “Lonceng adalah alunan setan.” (HR. Muslim).

6. Menjauhkan rumah dari musik dan lagu
Lagu adalah suara dan alunan setan, Allah ta’ala berfirman (ketika menyuruh setan) :
“Perdayakanlah siapa saja -diantara mereka- yang kau (iblis) sanggupi dengan suaramu (yang memukau).” (QS. Al-Israa’ : 64).
Mujahid (seorang ahli tafsir) menerangkan bahwa yang dimaksud dengan suara setan di ayat ini adalah hiburan dan lagu.
Allah SWT juga berfirman : “Diantara manusia (ada) orang yang mempergunakan lahwul hadits (perkataan kosong) untuk menyesatkan (manusia) dari jalan Allah.” (QS. Luqman : 6).
Sahabat Ibnu Mas’ud mengatakan : maksud dari lahwul hadits dalam ayat tersebut adalah nyanyian.

7. Menutup pintu, menutup wadah, dan memadamkan lentera

Hadits yang diriwayatkan oleh sahabat Jabir ra : Rasulullah SAW bersabda : “Tutuplah pintu-pintu, dan sebutlah nama Allah, karena sesungguhnya setan tidak akan membuka pintu yang tertutup. Balikkanlah tempayan-tempayanmu dan sebutlah nama Allah, tutuplah wadah-wadahmu dan sebutlah nama Allah, agar tidak dimasukkan apa-apa padanya, serta padamkanlah lentera-lenteramu.”(HR. Muslim).

8. Memadamkan api sebelum tidur

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW : “Jangan biarkan api menyala di rumah, ketika kalian sedang tidur.”(Muttafaqun Alaih).
Jangan tidur sampai pagi (tapi bangunlah untuk sholat malam)
Sahabat Ibnu Mas’ud ra berkata : Nabi SAW pernah dilapori ada orang yang tidur malam sampai pagi (sehingga tidak sholat malam, subuh), maka beliau bersabda: “Itu adalah orang yang dikebiri setan di kedua telinganya.”(Muttafaqun Alaih).

9. Jangan biarkan setan anda menjadi gemuk
Yaitu dengan menyia-nyiakan nikmat dan membuang makanan di sampah, karena sahabat Jabir ra meriwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda : “Apabila suapanmu jatuh maka ambillah, singkirkan kotoran yang ada padanya kemudian makanlah, jangan sampai ia sisakan untuk makanan setan.”(HR. Muslim).

10. Shalat sebagai pelindung dari gangguan setan
Shalat tersebut adalah shalat shubuh, karena sabda Rasulullah SAW : “Barangsiapa shalat shubuh maka ia dalam jaminan Allah, maka jangan sampai Allah menuntutmu karena kamu meninggalkan kewajiban. Karena barangsiapa yang demikian, niscaya Allah akan menemukannya dan menyungkurkan wajahnya ke dalam neraka Jahannam.” (HR. Muslim).

11. Surat al-Baqoroh bisa mengusir setan dari rumah
Surat ini merupakan benteng yang kuat untuk mengusir setan dari rumah, sebagaimana keterangan Nabi SAW dalam sabdanya : “Janganlah kalian jadikan rumah-rumahmu seperti kuburan, karena sesungguhnya setan akan lari dari rumah yang dibacakan surat Al-baqoroh di dalamnya.” (HR. Muslim)

Rasulullah SAW juga bersabda : “Sesungguhnya Allah SWT telah menulis kitab-Nya sejak 2000 tahun sebelum penciptaan langit dan bumi, dan menurunkan dengannya dua ayat yang menjadi penutup surat Al-Baqarah. Rumah yang dibacakan dua ayat tersebut tidak akan didekati oleh setan selama tiga hari.” (HR. Hakim, ia menshohihkannya dan disepakati oleh Adz-Dzahabi).

12. Membaca Ayat Kursi sebelum tidur

“Barangsiapa yang membacanya (sebelum tidur) akan selalu dalam penjagaan Malaikat Allah, dan setan tidak akan mendekatinya hingga pagi tiba.” (HR. Bukhori)

Semoga risalah ini bermanfaat untuk kita semua. Beruntung yang sempat membacanya dan semoga lebih beruntung bagi yang mau menyampaikan dan mengamalkannya.

Demikian mudah-mudahan bermanfaat, Amiin.
Subhaanaka Allaahumma wabihamdika asyhadu an-laa ilaaha illaa Anta, astaghfiruka waatuubu ilaika.

0 Response to "Membentengi diri dari Setan"

Poskan Komentar

Powered by Blogger